Minggu, 22 November 2009

youth culture

Judul film : 8 Mile
Sutradara : Curtis Hanson
Penulis : Scott Silver
Produser : Curtis Hanson
Starring : Eminem, Kim Besinger, Brittany Murphy, Mekhi Phifer


Film ini menceritakan sebuah kehidupan kumuh dari pinggiran Amerika, dimana didaerah tersebut kulit hitam memenuhi hampir semua kuota penduduknya.

Disana terdapat seorang anak muda kulit putih bernama Jimmy"Rabbit" Smith (Eminem), Rabbit lahir dan besar didaerah Detroit yang terkenal dengan kerasnya hidup di lingkungan kulit hitam. Rabbit ingin mengembangkan dirinya untuk menjadi rapper yang lebih hebat demi lepas dari kesusahan hidupnya. karena ia hanya dibesarkan oleh seorang ibunya saja semenjak kecil.

Rabbit, dibantu oleh temannya sejak kecil yaitu "future"(mekhi), mengikuti beberapa kontes Rap yang diadakan di kotanya. setiap sabtu malam, Rabbit yang dibantu Future, mereka sama- sama bertujuan demi kemajuan kota mereka. Dan yang awalnya Rabbit terbata- bata sewaktu battle, dan akhirnya Rabbit mampu mengalahkan Papa doc dari tha free world.

Dilihat dari aspek youth culture, bahwasanya film ini berusaha menampilkan kultur yang sangat melekat disana. Didalam film ini jelas ditampilkan bagaimana budaya kulit hitam urban disana. Dari membentuk geng(tha free world & three one third), Rap Battle, graffiti ditembok-tembok bangunan, sampai cara berpakaian mereka yang telihat “kedodoran” atau terlihat seperti pakaian yang dipakai itu ukurannya terlalu besar.

Kalau dilihat secara keseluruhan, tujuan mereka membentuk geng hanya untuk menonjolkan kelompok mereka dan dari mana mereka berasal. Rap battle, adalah cara mereka mempertahankan diri dari cemooh lawan dan cara untuk menjatuhkan lawan tanpa kekerasan, karna lirik- lirik mereka sudah mengandung kekerasan yang tergambar dari kehidupan mereka sehari- hari. Grafitti di tembok- tembok adalah cara mereka menunjukkan daerah kekuasaan mereka. Sedangkan cara berpakaian mereka adalah cara mereka menunjukkan strata sosial.

namun didalam film tersebut hanya sekedar gambaran bagaimana kultur anak muda didaerah Detroit. tetapi tidak sedikit kultur tersebut diterapkan di tanah air, meski kehidupan sosial tidak sekeras disana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar